Header Ads

RHK : Pemeliharaan Tuhan Bagi Umat-Nya

Renungan Harian Keluarga (RHK)
Minggu, 2 Juli 2017
Bahan bacaan Keluaran 16:13-14
13  Pada waktu petang datanglah berduyun-duyun burung puyuh yang menutupi perkemahan itu; dan pada waktu pagi terletaklah embun sekeliling perkemahan itu.
14  Ketika embun itu telah menguap, tampaklah pada permukaan padang gurun sesuatu yang halus, sesuatu yang seperti sisik, halus seperti embun beku di bumi.

Renungan,
Setiap orang membutuhkan makanan, sebab makanan merupakan kebutuhan yang mendasar bagi umat manusia. Ketika terjadi kelaparan, itu adalah sebuah bencana. Masih banyak orang yang menderita kelaparan yang disebabkan oleh karena kemarau panjang, peperangan, bencana alam dan lain-lain.

Bacaan hari ini menceritakan bagaimana Tuhan Allah peduli terhadap umat Israel untuk mencukupi kebutuhan hidup mereka. Tuhan Allah mendengar sungut-sungut umat-Nya karena mereka kekurangan makanan. Sungut-sungut bangsa Israel mencerminkan bahwa mereka meragukan akan kemahakuasaan Tuhan dan pemeliharaan-Nya. Bersungut-sungut berarti mereka merasa kuatir akan hidup dan masa depan. Tuhan memberikan burung puyuh pada waktu petang dan roti (manna) pada pagi hari untuk memuaskan mereka dengan makanan sekaligus menuntut supaya mereka mempercayai Providensi (pemeliharaan-Nya) secara terus menerus sebab setiap hari Dia memenuhi kebutuhan mereka. Dalam keadaan sesulit apapun sebagai keluarga Kristen, hendaknya kita tetap percaya akan pemeliharaan Tuhan sebab Dia tahu apa yang menjadi kebutuhan hidup umat-Nya, sebab itu  janganlah kuatir sebab Bapa di sorga tahu apa yang menjadi kebutuhan hidup kita.  Amin. 

Sumber : Sinode GMIM

No comments

Note: Only a member of this blog may post a comment.