Header Ads

Senam Unik Diatas Ranjang Yang Bisa Buat Badan Kita Sehat


Vhivacom - Setiap manusia pasti menginginkan hidupnya selalu sehat setiap hari, sampai beragam cara pun dilakukannya agar dapat memperoleh kehidupan yang sehat.

Dari beragam cara yang mungkin pernah kita lakukan untuk memperoleh hidup sehat itu, kita dapat juga mencoba dengan senam unik satu ini yang saya dapatkan dalam membaca buku "Pedoman Hidup Sehat" yang disunting oleh Drs. Eddy Sadeli, SH.

1. Dengan posisi tiduran diatas ranjang, putar balikkan badan kita ke kanan dan ke kiri sebanyak 30 kali secara perlahan, ini dimaksud untuk melenturkan badan dan otot tulang belakang.
2. Putar bola mata 30 kali ke kanan searah jarum jam dan sebaliknya ke kiri 30 kali, ini dimaksud untuk melatih otot mata.
3. Pijit daun telinga sampai panas 60 kali. Diketahui daun telinga mempunyai banyak titik akupuntur yang mempengaruhi seluruh tubuh.
4. Pijit hidung dan hitung 1 sampai 60 tanpa dilepas, ini dimaksud untuk memperkuat syaraf hidung, mencegah mimisan.
5. Gatuk-gatuk gigi 60 kali, ini dimaksud untuk menguatkan gigi.
6. Putar-putar lidah 30 kali ke kanan searah jarum jam dan sebaliknya ke kiri 30 kali, ini dimaksud agar lidab tidak kaku dan melatih kepekaannya.
7. Usap perut dari titik pusar melingkar dari lingkaran kecil terus melebar pakai 5 jari tangan kanan ke arah kanan 30 kali dan 5 jari tangan kiri ke arah kiri 30 kali, ini dimaksud untuk melancarkan buang air.
8. Tarik nafas dari hidung, buang nafas dari mulut dan lakukan itu paling sedikiti 30 kali. Ini dimaksud untuk mencegah bau mulut dari dalam dan melatih paru-paru supaya selalu sehat.
9. Kempiskan perut dan tahan dubur, lakukan itu sebanyak 60 kali, ini dimaksud untuk mencegah wasir, kencing yang tidak tertahan, kanker prostat dan memperbaiki fungsi seksual.
10. Posisi masih telentang, 2 kaki ditarik ke belakang, kemudian angkat pinggang paling sedikit 30 kali, ini dimaksud untuk mencegah sakit pinggang.
11. Dalam posisi duduk diranjang, sisir rambut dengan 4 jari kanan dan kiri, mulai dari kening/jidat sampai rambut belakang sebanyak 60 kali, ini dimaksud untuk melancarkan darah di kepala sehingga pikiran menjadi terang dan mencegah pikun.

Senam ini cukup mudah dipraktekkan, semua gerakannya dilakukan diatas ranjang dan tentunya jika dilakukan setiap hari, pasti dapat memberi efek positif dalam tubuh kita.

Demikian cara sehat yang dapat saya bagikan untuk kita semua, semoga dapat bermanfaat. (ivan pelealu)

No comments

Note: Only a member of this blog may post a comment.