Header Ads

Manguni Hewan Pembawa Pertanda, Simbol Masyarakat Minahasa


Vhivacom - Burung manguni dalam bahasa latin disebut otus manadensis merupakan spesies burung hantu dalam famili strigidae. Seperti burung hantu lainnya, Manguni termasuk burung nokturnal yang aktif di malam hari dan merupakan jenis endemik (menyebar terbatas di satu pulau atau satu wilayah saja) di Sulawesi.

Manguni memiliki mata yang besar dan menghadap ke depan, tak seperti umumnya jenis burung lain yang matanya menghadap ke samping. Paruhnya bengkok tajam seperti paruh elang dan susunan bulu di kepala membentuk lingkaran wajah yang membuatnya tampak mengesankan, namun terkadang menyeramkan. Selain itu, leher burung ini juga demikian lentur sehingga wajahnya dapat berputar 180 derajat ke belakang.

Umumnya burung ini berbulu burik, kecoklatan atau abu-abu dengan bercak-bercak hitam dan putih. Ekornya pendek, namun sayapnya besar dan lebar, rentang sayapnya mencapai sekitar tiga kali panjang tubuhnya.

Kalau di dunia barat burung hantu dianggap sebagai simbol kebijaksanaan, di Minahasa, Sulawesi Utara, burung hantu atau biasa disebut orang Minahasa manguni ditempatkan pada tempat tertinggi dalam kebudayaan Minahasa karena burung ini dapat memberi isyarat atau pertanda kepada orang Minahasa, hingga dianggap sebagai perantara Tuhan Yang Maha Esa dengan umat manusia.

Untuk itu, oleh orang-orang Minahasa manguni ini dijadikan sebagai lambang pemerintahan daerah yang ada di tanah Minahasa (Kabupaten Minahasa, Minahasa Selatan, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Tenggara, Kota Manado, Kota Bitung, dan Kota Tomohon), organisasi masyarakat, organisasi keagamaan seperti Gereja Masehi Injil di Minahasa (GMIM), sampai tim khusus Polda Sulut yang dikenal dengan tim Manguni.

Namun keberadaan burung Manguni yang zaman dahulu sangat dekat, bahkan menjadi teman para leluhur Minahasa saat ini sudah jarang ditemui di daerah Sulawesi Utara.

Sumber : wikipedia.org

Ini beberapa lambang Pemerintahan Daerah, Organisasi Keagamaan dan Tim Khusus Polda Sulut yang menggunakan burung manguni diambil dari pencarian google

  





No comments

Note: Only a member of this blog may post a comment.