Header Ads

Dukung Nawa Cita Jokowi, Ini Imbauan Mendes PDTT Terkait Dandes

Menteri Desa PDTT, Eko Putro Sandjojo. (Ist)
VHIVACOM - Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka NKRI merupakan salah satu program Nawa Cita pemerintahan Jokowi.

Untuk mewujudkan program tersebut pemerintah pun menyalurkan dana segar ke setiap desa dan desa adat di Indonesia yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), yang disebut Dana Desa (Dandes).

Dan untuk memastikan penggunaan dandes itu tepat sasaran, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo, pun mengingatkan kepada seluruh desa agar tetap fokus pada program prioritas yang telah ditetapkan pemerintah.

"Saya selalu mengingatkan agar dana desa yang telah digelontorkan dana desa diharapkan bisa difokuskan kepada empat program prioritas yang kita berikan," ucapnya seperti dilansir dari situs resmi kemendesa.go.id.

Adapun keempat program prioritas tersebut adalah menentukan produk unggulan kawasan perdesaan (Prukades), mengembangkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), membangun embung air desa, dan membangun sarana olahraga desa.

Selain itu, Mendes PDTT pun menghimbau setiap desa untuk dapat membuat klasterisasi desanya agar bisa lebih mengembangkan potensi yang ada di desa tersebut.

"Dengan demikian, para pemangku kepentingan akan lebih mudah untuk menentukan pengembangan apa yang dapat dilakukan di desa tersebut," ujarnya. 

"Konsentrasi dan fokus pada produk unggulannya, nanti kita akan kumpulkan kementerian terkait, dunia usaha, juga perbankan untuk membantu mengembangkan produk unggulan desa tersebut." katanya.

Sumber : kemendesa.go.id

No comments

Note: Only a member of this blog may post a comment.